Makanan “Murah” yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

Makanan “Murah” yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

 

            Makanan enak yang berbahan dasar kedelai ini begitu disukai banyak kalangan, selain rasanya yang enak, harganya yang terjangkau serta mudah ditemui menjadi alasannya. Tempe dapat diolah berbagai masakan, misalnya digoreng dengan menggunakan tepung, dimasak untuk dijadikan campuran sayur, dll.

Ternyata tidak seperti makanan kedelai tradisional lain yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, nyatanya tempe berasal dari negeri kita sendiri loh yaitu,  Indonesia.  Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno, pada zaman itu terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang biasa disebut tumpi. Bentuk dari tempe segar yang juga berwarna putih terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.

Jenis makanan ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan bisa dikatakan bahwa kandungan nutrisi dalam tempe dapat mengalahkan kandungan nutrisi pada daging sapi. Kandungan protein dalam tempe dinilai lebih tinggi namun kandungan lemaknya justru jauh lebih rendah. Beberapa kandungan lain yang terkandung dalam tempe yang bahkan tidak terdapat dalam daging yaitu: karbohidrat, serat, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piroksidin, dan biotin, dll.

Karena kandungan nutrisinya yang banyak maka sudah dapat dipastikan makanan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya yaitu :

1. Sumber Protein

Ternyata makanan ini dapat dijadikan sebagai sumber protein di dalam tubuh bahkan seperti yang dikatakan sebelumnya kadarnya lebih tinggi dibandingkan daging. Maka itu kini tak jarang tempe sering kali dijadikan sumber protein bagi para vegetarian untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

2. Antioksidan Penangkal Radikal Bebas

Paparan radikal bebas dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh, bahkan klimaksnya dapat  menyababkan kanker. Namun terdapat kandungan isoflavon dan juga nutrisi lainnya pada tempe, membuat tempe ampuh untuk menjadi antioksidan bagi tubuh.

3. Sebagau Sumber Kalsium

Manfaat tempe selanjutnya adalah sebagai sumber kalsium. Faktanya bukan hanya tempe yang bisa dijadikan sebagai sumber kalsium tetapi tempe pun bisa.

baca juga : Resep Smoothies Enak dan Sehat

4. Menu Pilihan untuk Diet

Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makanan dengan kandungan tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe menjadikan makanan ini sangat baik untuk menjadi menu diet. Jadi bagi Anda yang ingin melakukan diet jangan khawatir lagi ada menu enak yang bisa Anda coba.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh mulai dari menghasilkan sel darah merah, sisten saraf dan menjaga fungsi otak, dll. Biasanya vitamin B12  dapat diperoleh dalam kandungan daging, ayam, ikan, dan susu. Namun ternyata kandungan ini terdapat di dalam tempe. Tempe merupakan satu-satunya sumber  vitamin B12 yang berasal dari nabati.

6. Aman untuk Diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes pastinya cukup sulit untuk menuntukan jenis makanan. Karena semua menu diperhatikan agar tidak naiknya kadar gula darah. Kelebihan tempe dalam hal ini yaitu memiliki kandungan isoflavon dan serat sehingga mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin.

sumber : Wikipedia.com Doktersehat.com

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *