Fakta Mukbang

Fakta Mukbang Yang Harus Kamu Tahu

Hal yang populer di dunia pecinta kuliner salah satunya adalah tren video Mukbang. Video yang diunggah oleh pengguna youtube atau  youtuber ini biasanya menyajikan visual dimana seseorang atau lebih, makan dengan sajian yang berjumlah banyak.

Tak ketinggalan, tentunya Indonesia menjadi salah satu pengikut tren fenomenal tersebut. makanan yang bervariasi dari sajian fastfood dan khas negara tertentu  disajian dalam jumlah besar. Lalu apa dan bagaimana mukbang bisa terkenal sekarang ini?

Mukbang (먹방) berasal dari kata “meoknun” (먹는) dan “bangsong” (방송) yang memiliki arti makan dan broadcast (siaran). Singkatnya, mukbang adalah tayangan seseorang yang sedang menyantap makanan dan biasanya disiarkan secara live. Atau bisa kita singkat lagi jadi makan online. Host dari acara makan online ini disebut sebagai broadcast jokey atau sering disingkat BJ

Beberapa pecinta drakor atau Drama Korea tentunya sering melihat drama yang menampilkan adegan aktor atau aktris yang makan dengan lahap dan porsi banyak. Hal tersebut tentunya tidak biasa dengan kebiasaan orang Indonesia.

Seorang food vloger, Hari Jisun   pun meng’iya’kan hal tersebut dalam vlognya. Menurutnya, di korea rata-rata dari mereka sudah makan dengan porsi banyak sejak kecil, jadi hal tersebut sudah biasa. Walaupun beberapa mereka (masyarakat korea) dapat makan dengan jumlah wajar porsi korea itu sendiri.  Hal tersebut tentunya masih terlihat hasing dimata orang lain khususnya orang Indonesia yang memiliki porsi makan lebih sedikit.

Korea Selatan memiliki kualitas jaringan internet terrcepat di Dunia dengan kecepatan hingga 37,5Mbps. warga Korea Selatan mengandalkan jaringan web untuk melakukan banyak hal.

Hal yang mengejutkan lainnya, mencari teman makan juga masuk dalam list masyarakat korea dalam memanfaatkan jaringan internetnya. Di negara yang tiap hari makin maju, makin banyak penduduknya yang memilih tetap single demi mengejar karier dan mencari hiburan online. Seorang peneliti dan kritikus sosial dari The Future Company, Jeff Yang menjelaskan bagaimana fenomena mukbang sebenarnya berakar dan bisa populer karena semakin banyak warga Korea Selatan merasa kesepian dan tidak punya teman makan.

Apalagi dining out atau makan di luar rumah di negeri gingseng, masih dipandang sebagai kegiatan kelompok karena kebanyakan menu restoran diperuntukkan untuk 3-4 orang. Jadi lebih malas lagi orang makan sendirian ke luar. Makanya mukbang atau siaran makan ini jadi populer, terutama di jam-jam makan malam. Ditambah lagi dengan faktor kecepatan dan ketersediaan internet yang luar biasa. Warga Korea Selatan tidak merasa membuang internet maupun uangnya sia-sia demi streaming acara mukbang yang berjam-jam. Bukannya buang-buang uang malah mendapat uang karean banyak orang yang rela membayar mereka untuk siaran live mukbang. Wah enak ya?

Sumber : inikpop.com

 Tekno.liputan6.com

 Hipwee.com

#trenmukbang #makanbanyak #makanmukbang #trenvloger #trenyoutube #acaramukbang #food #tastyfood #foodvloger #faktamukbang #mukbangkorea #makanbanyak #makanenak  #makanan #makanancatering #cateringbagus #cateringhalal #roemahkebuncatering #jasacatering #saungdombainternational

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *