Cemilan sehat dengan Kacang

Cemilan Sehat Dengan Kacang

Suka nyemil namun sedang dalam program diet? Atau tak bisa berhenti nyemil dan mencari camilan
sehat. Kacang ternyata dapat menjadi jawabannya loh. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber
nutrisi alami yang tersedia dalam bentuk praktis. Sebutir kacang saja mengandung berbagai gizi
seperti protein, vitamin, dan mineral yang menyehatkan untuk tubuh.

Lalu jenis kacang apa saja yang sehat dan bisa kita jadikan camilan? Berikut ulasannya :

1. Kacang mede
Kacang mede merupakan sekian dari salah satu jenis kacang sehat yang mudah ditemukan di Indonesia. Kacang ini mengandung lemak sehat yang bermanfaat untuk kesehatan. Kacang mede juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi terhadap kerusakan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Kacang almond
Almond dapat menjadi kacang yang cukup mudah juga ditemukan pada campuran cokelat atau bahan pastry. Nyatanya almond menjadi salah satu kacang sehat yang mengandung serat, protein, dan vitamin E. Studi juga menunjukan bahwa almond adalah salah satu jenis kacang sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Kacang kedelai/ Edamame 
Kacang kedelai adalah salah satu jenis kacang sehat yang sering dikonsumsi sehari-hari, nyatanya dalam satu cangkir kacang kedelai terkandung kalori, protein, serat, mangan, fosfor, vitamin K, dan vitamin B2. Kacang kedelai mengandung isoflavon, sejenis antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Kacang kenari
Kacang kenari atau walnut merupakan salah satu jenis kacang sehat dengan kandungan protein, tembaga dan magnesium di dalamnya. Kacang kenari merupakan kacang yang mengandung asam lemak omega-3 nabati yang dapat memangkas peradangan dan mengurangi risiko penyakit. Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa kacang kenari juga dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

5. Kacang pistachio
Mungkin sebagian dari kita agak asing dengan jenis kacang yang satu ini, namun kacang pistachio dapat ditemukan di beberapa swalayan. Kacang pistachio mengandung beragam vitamin, mineral dan protein yang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa makan dua hingga tiga ons pistachio per hari dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh.

 

Sumber : Hellosehat.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *