manfaat makanan fermentasi

Makanan Fermentasi Dalam Beberapa Kebudayaan Beserta Manfaatnya

Makanan fermentasi pada umumnya mempunyai aroma khas . hasil fermentasi makanan yang memilki segudang manfaat terutama untuk meningkatkan kesehatan mulut seperti mengurangi  penyakit mulut seperti, radang gusi, bau mulut, dan perkembangan rongga mulut. Makanan fermentasi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan yang terkenal adalah meningkatkan bakteri baik di usus.

Berdasar manfaat yang melimpah pada makanan fermentasi, negara-negara terntentu pun memiliki makanan khas frementasi berdasarkan budayanya . berikut beberapa makanan tersebut,

1. Tempe

Tempe dikembangkan oleh  bangsa Indonesia. keterkenalannya yang mendunia tidak kalah dengan manfaat yang dikandungnya. Tempe kaya akan vitamin B5, B6, B3 dan B2. Tempe juga berkhasiat mengurangi kolesterol, meningkatkan kepadatan tulang, mengatasi  gejala menopaus, dan mendukung pemulihan otot.

2. Tape Singkong

Terkenal dengan teksturnya yang lembut, panganan khas Indonesia ini juga  kaya akan manfaat. Menjadi oleh-oleh yang khas dari daerah Jawa Barat tape singkong  berkhasiat mengontrol kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, pengusir jerawat, mencegah anemia dan dapat menghangatkan tubuh.

3. Kimchi

Makanaan yang biasa diproduksi saat musim dingin berlangsung dikembangkan bangsa Korea. Kimchi adalah sayuran hasil fermentasi (sawi dan berbagai sayuran lainnya.  Kimchi memperbaiki kesehatan kardiovaskuler dan sistem pencernaan. Kimchi kaya akan antioksidan sehingga mengurangi resiko kanker, diabetes, kegemukan dan bisul pada lambung. Sayuran hasil fermentasi dikonsumi ara pekerja tembok Cina mengkonsumsi selama proses pembangunan tembok berlangsung.

4. Natto

Makanan khas  jepang yang satu ini dibuat dengan kualitas dan prosedur yang tinggi, karena sasaran konsumsi untuk kalangan lansia . beberapa orang mengatakan nato adalah tempe ala jepang. Natto mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kardiovaskuler. Natto memperkuat penyerapan vitamin D2dan  mengandung enzim anti kanker (nattokinase).

5. Miso

Miso adalah hasil fermentasi koji dengan kacang kedelai,  jali –jali (barley), atau beras coklat. Miso sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan resiko kanker, memperbaiki kesehatan tulang dan mendukung kesehatan sistem saraf. Sup miso sangat praktis  dan lezat untuk melengkapi makanan sehari – hari. 

Miso sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit

6. Keju mentah

Terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi. Teristimewa susu kambing, domba dan sapi pemakan rumput yang sangat tinggi akan kandungan probiotik (thermophillus, bifudus, bulgaricus and acidophilus). Probiotik menyembuhkan berbagai masalah pencernaan, gangguan saraf dan  kejiwaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh bakteri jahat. Kejupun terkenal banyak diproduksi oleh masyarakat daratan eropa.

7. Sauerkraut (fermentsi kol)

Sauerkraut digunakan bangsa Romawi untuk mencegah dan mengobati infeksi usus Kapten Cook menggunakan Sauerkraut dan perasan jeruk nipis  untuk mencegah scurvy selama 3 tahun melanglang buana di dunia. Scurvy adalah gangguan nutrisi yang disebabkan oleh defisiensi vitamin C yang menyebabkan kegagalan sintesis kolagen dan pembentukan osteoid yang mengakibatkan osteoporosis dan disertai perdarahan subperiostal dan submukosa. Sauerkraut kaya  vitamin A, vitamin C, vitamin K and vitamin B, zat besi, sodium, mangan, dan magnesium. Sauerkraut bagus untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, membantu sirkulasi darah, melawan radang, memperkuat tulang dan menurunkan kolesterol.

8. Acar

Kaya berbagai vitamin dan mineral. Acar sangat membantu mengatas defisiensi vitamin K, defisiensi yang umum ditemui di masyarakat. Acar lemon (preserved /fermented lemon).  Acar lemon adalah salah satu hasil fermentasi yang berasal dari Timur Tengah. Di Maroko, acar lemon dikenal dengan nama hamad muraqqad, dan di Tunisia sebagai qaris baldi immallah. Qaris dan laymun adalah kosa kata Arab yang berarti lemon. Acar lemon juga umum ditemukan di India Selatan, dengan nama Elumichampazham Urugai. Tsukemono adalah acar khas Jepang, yang difermentasi dengan beragam pilihan seperti garam mineral, cuka beras, jus Umeboshi, Karashi, atau miso.

 

Sumber :prettyhealthyme.com

#makanan #fermentase #fermentasi #khasiatFermentasi #manfaatfermentasi #Fermentasiterkenal  #keju #acar #tempe #kedai #kimchi #nato #miso #tapesingkong #cateringhalal #saungdomba #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah #saungdombaedupark #waroengdomba #roemahkebun #sehat #hidupsehat #food #masakanindonesia #cateringterjamin #cateringenak

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *