Mengenal Lemak Hewani Yang Berguna Bagi Tubuh

Seperti yang kita tahu lemak sangat berguna untuk manusia. Manfaatnya yang banyak seperti yang kita tahu sebagai sumber energi, sumber pertumbuhan sel, menunjang fungsi otak, membantu penyerapan vitamin, menunjang produksi hormon, membantu kesehatan kulit dan masih banyak kegunaan lemak dalam tubuh. Baca Lebih lanjut untuk Mengenal Lemak Hewani Yang Berguna Bagi Tubuh.

Sumber lemak  yang dapat menunjang kebutuhan tubuh dapat berasal  dari lemak hewani  maupun nabati salah satu yang akan kita ulasa adalah lemak yang berasal dari hewani.

  1. Minyak ikan

Banyak manfaat dari minyak ikan karena adanya asam lemak omega-3 esesial, seperti DHA dan EPA. Asam lemak esensial yang berguna dalam minyak ikan adalah alfa-linolenat dan gamma-linolenat. Menurut the American Heat Association, omega-3 efektif dalam mengurangi insiden penyakit kardiovaskular. Ini adalah salah satu alasan minyak ikan dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Minyak ikan juga dikenal sebagai anti-inflamasi yang efektif dan antidepresi alami, serta melindungi dari penyakit Alzheimer dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Sementara itu, pastikan Anda memeroleh bentuk murni dari minyak ikan, artinya bebas zat merkuri dan kontaminan lainnya.

 

  1. Ikan Laut

Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

 

  1. Daging

Daging merupakan makanan yang kaya akan sumber lemak. Daging sapi dianggap pilihan yang paling populer dari semua daging merah. Daging sapi tanpa lemak mengandung 60 persen dari nilai kecukupan harian untuk protein hanya dalam 100 gram. Namun, daging sapi mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dianggap meningkatkan risiko kanker.

 

  1. Telur

Selama ini telur dikenal sebagai sumber protein. Nyatanya, selain mengandung protein, telur juga mengandung banyak lemak. Bagian telur yang mengandung protein adalah bagian putih telurnya, sedangkan yang mengandung lemak adalah kuning telur.

 

  1. Susu

Komposisi susu diantaranya terdiri atas air, bahan kering, lemak, bahan kering tanpa lemak, protein, dan laktosa. Susu sapi memiliki kadar lemak 3,1%, protein 2,8%, bahan kering 11,2%, bahan kering tanpa lemak 8,1%. Sedangkan komposisi susu kambing terdiri atas kadar lemak 6,34%, protein 4,97%, bahan kering 15,32%, bahan kering tanpa lemak 8,97%. Berdasarkan hasil komposisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan kering, kadar lemak, dan protein susu kambing lebih tinggi dari pada susu sapi.

 

Nah, itulah beberapa jenis sumber lemak hewani yang bisa dikonsumsi dalam menu sehari-hari. Jangan lupa atur kebutuhan lemak dengan tepat ya,agar tidak berdampak bahaya pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

(diolah dari berbagai sumber)

Informasi Pesanan Bisa Kunjungi
www.roemahkebun.com
Facebook : Roemah Kebun Catering
Instagram : roemahkebuncatering
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815-1917-5188
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat

#makanan  #lemak #lemaknabati #lemakhewani #lemaktubuh #manfaatlemak #makanan #gizimakanan #vitamin #nutrisi #kebutuhan tubuh #minuman #roemahkebuncatering #cateringjabodetabek #layanancatering

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *